Minggu, 13 Maret 2011

Belajar Kungfu


Setiap orang yang ingin menguasai sesuatu tentu harus melewati suatu jenjang yang biasa disebut belajar, belajar adalah sebuah proses berkelanjutan untuk meng-ilmui atau mengetahui sesuatu. Dalam beladiri pun ada beberapa hal yang harus dipelajari untuk dapat mengetahui esensi dari suatu aliran kungfu.


APA YANG HARUS KITA PELAJARI ?
Apa yang pertama kali harus anda siapkan ketika Anda ingin membangun sebuah bangunan? bahan-bahan bangunan, serta tempat dimana anda akan membangun bukan? maaf kalau jawaban saya mungkin berbeda dengan jawaban Anda ;) . Ya dalam beladiri pun Anda harus mempersiapkan bahan, tempat serta waktu tentunya. Lalu apa bahannya? kondisikan tubuh anda supaya tubuh anda siap untuk melakukan latihan, seperti melakukan pemanasan atau stretching (peregangan). Kenapa? sebab jika latihan beladiri dilakukan tanpa pemanasan, dikhawatirkan akan memperbesar kemungkinan terjadinya cedera, Anda tak mau kan??? hehehe...

Langkah selanjutnya adalah membentuk pondasi yang kuat untuk mendukung gerakan anda. Coba tebak, apa pondasi dari tubuh anda? teng tong ... Anda betul! kaki! tanpa kaki yang kuat kita tidak akan mampu melakukan gerakan dengan stabil, atau melakukan manuver-manuver sulit ketika melakukan gerakan, juga akan mudah jatuh ketika terdorong atau tersandung kaki sendiri.

Berlatih kuda-kuda
Ada berbagai macam kuda-kuda, setiap cabang beladirpun mempunyai kuda-kuda dasar yang berbeda. ada horse stance/ma bu/atau sikap menunggang kuda seperti yang ada pada BaJiQuan, ada juga kuda-kuda gunung seperti yang ada di aliran Wingchun, ada kuda-kuda busur panah dan banyak pula yang lainnya.
Bahasan untuk beberapa bentuk kuda-kuda insyaAllah akan saya posting pada postingan berikutnya .

Mulailah dengan gerakan dari yang sederhana (baca: dasar)
Mulailah dari gerakan atas baik berupa pukulan juga gerakan siku, lebih baik pelajari satu jenis pukulan dulu, lakukan sampai gerakan anda benar-benar matang dan anda benar-benar menguasai gerakan tersebut, lakukan gerakan tersebut berulang-ulang supaya tenaga yang digunakan untuk pukulan tersebut bisa fokus. Jika sudah, barulah anda pelajari gerakan lainnya, namun jangan lupa untuk terus mengulang gerakan yang sudah anda pelajari supaya gerakan anda tidak kehilangan bentuk. Biasanya saat awal mempelajari beladiri, yang diutamakan adalah daya serang, kemudian tangkisan, lalu elakan, yaa.. memang semua aliran beladiri punya prioritas berbeda dalam pengajarannya...
Lanjutannya besok lagi yaa!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar